Ini Kiat Pertamina Dukung UMK Difabel Jadi Sukses

pertamina dukung usaha difabel

HALOBDG.com – PT Pertamina (Persero) memberikan dukungan ketersediaan modal usaha serta dukungan program binaan usaha bagi kelompok difabel dan usaha mikro kecil (UMK) yang mempekerjakan difabel. Dukungan kepada UMK yang mempekerjakan difabel merupakan wujud pengembangan perekonomian lokal dan mengadvokasi hak-hak penyandang disabilitas.

Nurjannah, pemilik Batik Mayana di Ternate menyampaikan, “Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari bermitra dengan Pertamina. Yang lebih penting, Pertamina memanusiakan manusia,” Sebagai penyandang disabilitas, Nurjannah dan suaminya memenuhi kebutuhan hidupnya dengan memulai usaha dibidang kuliner sejak tahun 2013. Selain itu, dia memberikan pelatihan untuk para sesama kaum difabel secara gratis agar mampu menjalankan usaha. “Saya akhirnya mendirikan Lembaga Pendidikan Keterampilan Khusus yang diperuntukkan bagi para penyandang disabilitas, anak putus sekolah, dan para janda,”  tutur Nurjanah.

Area Manager Communications, Relations, PT Pertamina (Persero) Edi Mangun, mengungkapkan UMKM merupakan faktor utama dalam Gernas BBI sebagai penyedia barang dan jasa. “Salah satu fokus utama dalam Gernas BBI adalah untuk mengajak masyarakat untuk semakin gencar menggunakan produk-produk UMKM. Sehingga kita dapat mendukung kesuksesan program pencapaian SDGs yang dicanangkan oleh pemerintah.“ tuturnya.

Melalui program-program UMK dan semangat Energizing Your Future, Pertamina ingin senantiasa menghadirkan energi yang dapat menggerakkan roda ekonomi. Energi yang menjadi bahan bakar, serta energi yang menghasilkan pertumbuhan berkelanjutan. Serta berupaya terus mendorong setiap Mitra Binaan menjadi UMK naik kelas dan Go Global. (*)