Layanan Telemedicine Bagi Pasien Covid-19 Diperluas Hingga Jawa Bali

HALOBDG.com – Akses layanan telemedicine bagi pasien Covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri diperluas.

Sebelumnya, layanan telemedicine ini berlaku di wilayah aglomerasi yakni Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Namun, aksesnya diperluas hingga Jawa-Bali lantaran kasus aktif Covid-19 meningkat.

“Mulai minggu ini kita perluas ke Bandung raya, Semarang raya, Solo raya, DI Yogyakarta, Malang raya dan Denpasar,” kata Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers, Senin (7/2/2022).

Dalam kesempatan itu, Budi menyebut layanan telemedicine tersebut dapat diakses melalui https://isoman.kemkes.go.id/. Saat ini Kemenkes telah bekerja sama dengan 17 platform telemedicine di Indonesia.

Di antaranya yakni Aido Health, Alodokter, GetWell , Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter , ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, YesDok.

Baca juga: Link Layanan Telekonsultasi dan Obat Gratis Bagi Pasien Isolasi Mandiri Lengkap dengan Prosedurnya

Apabila hasil pemeriksaan warga tersebut positif dan laboratorium penyedia layanan tes Covid-19 telah melaporkan data hasil pemeriksaan ke database NAR. Maka selanjutnya pasien akan menerima pesan Whatsapp dari Kemenkes RI (dengan centang hijau) secara otomatis.

Namun, apabila tidak mendapatkan WA pemberitahuan, pasien bisa memeriksa NIK secara mandiri melalui situs https://isoman.kemkes.go.id. Pasien juga dapat berkonsultasi dengan dokter melalui layanan tersebut.

Setelah pasien selesai melakukan konsultasi, dokter akan memberikan resep digital sesuai kondisi pasien dan resep dapat ditebus melalui https://isoman.kemkes.go.id/pesan_obat.

Dalam hal ini, paket obat gratis yang akan didapatkan pasien antara lain Paket A untuk pasien tanpa gejala, terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, serta Paket B untuk pasien bergejala ringan terdiri dari multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg jika dibutuhkan. (hn)