60 Pegawai Positif Covid-19 Kantor Kemensos Ditutup Tiga Hari

JAKARTA, HALOBDG.com – Kementerian Sosial mengumumkan bahwa kantor pusat Kementrian Sosial (Kemensos) RI ditutup sementara atau lockdown selama tiga hari kerja mulai hari ini, Kamis (27/1/2022) sampai Senin (31/1/2022).

Hal ini dikarenakan adanya peningkatan jumlah pegawai Kemensos yang terpapar virus Covid-19.

Kebijakan lockdown itu tertuang dalam Nota Dinas Nomor 616/1/KP/08.01/1/2022 yang ditandatangani Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat.

“Sehubungan dengan adanya peningkatan jumlah pegawai yang terpapar Covid-19, maka kami sampaikan kantor Kementerian Sosial di lockdown dari Kamis tanggal 27 sampai Senin 31 Januari 2022,” kata Sekretaris Jenderal Kemensos Harry Hikmat dalam keterangan tertulisnya.

Atas arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini, seluruh pegawai di lingkungan Kemensos di Kantor Pusat Jakarta maupun pegawai di Balai-Balai Kemensos untuk menjalani test swab PCR. Hasilnya 60 pegawai di Kemensos Pusat dinyatakan positif Covid-19.

“Seluruh pegawai di lingkungan Kemensos menjalani tes PCR. Yang positif diberikan layanan kesehatan dan ruangan isolasi dengan pengawasan dokter dan tenaga kesehatan,” kata Mensos di Jakarta (27/02).

Untuk memastikan lingkungan kantor steril dari virus, dilakukan penyemprotan disinfectan di seluruh ruangan. Penyemprotan dilakukan juga pada permukaan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, meja kursi, dan ramp tangga.

Selain itu telah diambil langkah-langkah lebih lanjut. Penerapan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan menunda perjalanan, tracing kepada seluruh pegawai dan keluarga yang terpapar covid.

Selanjutnya dilakukan pengaturan hari kerja pegawai untuk bekerja di rumah mulai Kamis (27/02) hingga Senin (31/01). Untuk pelaksanaan tugas yang mendesak dapat dikerjakan pegawai yang sehat (PCR negatif) dengan jumlah terbatas berdasarkan penugasan pimpinan satuan kerja.

Terkait vaksinasi tahap 3 (vaksin booster) sedang diindentifikasi pegawai yang sudah punya e-tiket vaksin tahap-3. Untuk percepatan telah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Bagi pegawai yang terpapar covid diberikan paket obat-obatan dan vitamin di poliklinik Kemensos. Jika memerlukan tempat isolasi mandiri disediakan Graha Atensi di Balai Mulya Jaya dan Balai Budi Darma Bekasi.

Dikatakan Harry, untuk pekerjaan mendesak tetap bisa dikerjakan di Kantor Kemensos oleh para pegawai dengan melampirkan hasil tes PCR negatif.

Dengan adanya kebijakan itu, pihak Kementerian Sosial juga mengurangi kapasitas pegawai yang masuk guna mencegah kepadatan yang bisa berpotensi pada penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, Harry juga meminta agar seluruh pegawai khususnya yang telah mendapatkan tiket vaksin booster di aplikasi Peduli Lindungi agar segera melakukan vaksinasi dosis ketiga secepatnya.

“Bagi para pegawai yang sudah mendapat sertifikat vaksinasi tahap 3 agar segera dilakukan vaksinasi di faskes yang ditetapkan. Untuk percepatan vaksin sedang diusahakan dari Kementerian Kesehatan,” tukas Harry.

Meskipun memberlakukan sejumlah pembatasan, Kemensos memastikan pelayanan terhadap masyarakat tetap dapat dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secaa ketat, seperti pelaksanaan penyaluran bantuan sosial.