News  

Membangun Ekonomi Melalui 1000 Desa

Halobdg – Wakaf Salman mengadakan acara virtual 1000 Desa Episode 1 Sanitasi Desa Tertinggal Mekarmanik. Acara tersebut yakni untuk membangkitkan kembali peran desa sebagai penyangga ekonomi nasional.

Di dalam sesi virtual tur, aktor Ricky Perdana bersama Yayasan Odesa Indonesia mmperlihatkan berbagai kondisi sanitasi di desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Direktur Wakaf Salman, M Khirzan Nazar Noe’man menyebut, banyak sumber daya bisa dikelola oleh desa. “Desa itu punya peran tak hanya untuk menyangga ekonomi nasional melainkan juga untuk dunia yang berkelanjutan,” ujarnya dalam virtual zoom, Sabtu (20/2/2021).

Melalui program 1000 Desa ini, lanjut Khirzan, Wakaf Salman bercita-cita memberdayakan desadesa tertinggal di Jawa Barat. “Mari bantu wujudkan kemajuan masyarakat melalui pemberdayaan 1000 desa,” ungkapnya.

Dengan adanya acara ini, lanjut Khirzan, diharapkan bisa memberikan informasi kepada WASH Specialist UNICEF, Muhammad Zainal dan berbagai perusahaan dan lembaga sosial kondisi terkini yang dialami warga desa. Bahkan, beberapa kampung ada beberapa fasilitas sanitasi yang kurang layak untuk digunakan oleh masyarakat.

“Desa harus dapat menjadi salah satu unci kekuatan ekonomi Indonesia dan sumber kesejahteraan bagi warganya. Namun ditengah kemajuan teknologi yang kian berkembang, masih banyak desa-desa yang tertinggal. Salah satunya adalah desa Mekarmanik, desa yang terletak di kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung ini memiliki keterbatasan sanitasi yang cukup serius,” tutupnya.(kha)