Sebagian Sekolah di Jabar Sudah Belajar Tatap Muka, Emil: Yang Penting Peraturan Ditaati

  • Whatsapp
Gubernur Jawa Barat RIdwan Kamil(Foto: Rizal/Humas Jabar)

HALOBDG.com – Di bebearapa wilayah Jawa Barat sudah ada Kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan sistem tatap muka di sekolah.

Terkait hal itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak menampik, menurutnya izin KBM tatap muka tidak perlu Pergub hanya cukup surat Kepala Dinas Pendidikan.

Bacaan Lainnya

“Jadi kalau ditanya, apakah sudah ada sekolah yang menerapkan belajar tatap muka? sudah ada,” kata Ridwan Kamil seperti dikutip dari RRI.co.id, Senin (23/11/2020).

“Nggak usah selalu Pergub. Yang penting peraturan ditaati. Kita kan sudah disebut sebagai hyper regulation country. Saya kira cukup dengan surat kepala dinas,” tambahnya.

Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menjelaskan, saat ini penyebaran pandemi Covid-19 sudah tidak terjadi di setiap sudut kota atau kabupaten. Artinya sudah ada daerah-daerah yang masuk Zona Hijau.

“Pada dasarnya, sekarang juga sudah ada seperti di desa-desa yang Zona Hijau. Hanya ini kan ¬†kebijakan merata kira-kira begitu, ya,” jelasnya.

Terlebih, Covid-19 itu tantangan terberatnya ada di daerah perkotaan yang penduduknya lebih padat dan perjalanannya juga inten. Menurut Emil, pada dasarnya, covid mengajarkan bahwa mengambil keputusan harus proporsional.

Sebagaimana diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyatakan, sekolah boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka pada Januari 2021. (*)

 

Pos terkait