Jabar, News  

Sederet Capaian Proyek KCJB Sepanjang 2022

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (Istimewa)

Bandung – Sepanjang tahun 2022, proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berhasil meraih beragam capaian. Proyek KCJB menunjukkan progres yang menggembirakan menjelang operasional pada pertengahan tahun 2023.

Tahun 2022, konstruksi proyek KCJB menunjukkan progres yang sangat baik. Bahkan pada tahun 2022, proyek KCJB juga sudah memasuki tahap uji coba.

Direktur Utama PT KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi menyebutkan tahun 2022 menjadi salah satu tahun yang penting bagi KCJB. Berbagai pekerjaan konstruksi dan juga persiapan operasional KCJB berhasil diselesaikan.

“Pada tahun 2022, banyak hal yang telah berhasil kita selesaikan. Ini menjadi modal yang baik untuk menyambut tahun 2023 dan persiapan tahap operasional KCJB,” ujar Dwiyana.

Berikut ini adalah delapan pencapaian penting di Proyek KCJB sepanjang tahun 2022.

1. Pemasangan rel dimulai

Capaian lain di proyek KCJB adalah dimulainya pemasangan rel. Pemasangan rel ini dilakukan dari arah Bandung menuju Jakarta sejak April 2022. Pemasangan rel dilakukan di area depo, stasiun hingga jalur utama. Saat ini, rel KCJB sudah terpasang sepanjang 37 km dengan konsep double track.

2. Produksi Slab Track Rampung Sepenuhnya

Slab Track dan sleeper menjadi salah satu kebutuhan penting dalam proses pemasangan rel tanpa ballast atau ballastless track. Produksi slabtrack berhasil diselesaikan lebih cepat dari taget yakni pada Mei 2022.

3. Seluruh Terowongan Berhasil Ditembus

Pada awal tahun 2022, proyek KCJB menyisakan 3 terowongan yang masih dalam proses penggalian.

Di tahun 2022 tepatnya pada Juni 2022, seluruh terowongan atau sebanyak 13 terowongan di proyek KCJB berhasil ditembus. Saat ini seluruh tunnel dalam tahap persiapan untuk pemasangan rel.

4. Rangkaian EMU dan CIT Tiba di Indonesia

Seluruh rangkaian KCJB telah selesai diproduksi dan menjalani rangkaian tes di pabrik CRRC Qingdao Sifang, Tiongkok. Seremoni penyelesaian manufaktur dan pengiriman perdana rangkaian EMU dilakukan pada 5 Agustus 2022.

Setelah pengiriman perdana dilakukan, sebanyak 2 rangkaian electric multiple unit (EMU) dan juga Comprehensive Inspection Train (CIT) KCJB tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada 1 September 2022.

Rangkaian EMU dan CIT saat ini sudah berada di Depo Tegalluar dan sudah mulai menjalani tahapan rangkaian uji coba.

5. Seluruh Lintasan KCJB Tersambung

Di tahun 2022, seluruh lintasan KCJB tersambung. Elevated track atau jalur layang, terowongan hingga subgrade berhasil diselesaikan dan saat ini siap untuk dilakukan pemasangan rel secara bertahap.

Pada 16 Oktober 2022 lalu, seluruh struktur elevated atau struktur layang KCJB selesai usai pemasangan 2.588 unit girder box rampung.

6. Pemasangan OCS Dimulai

Tiang Overhead Catenary System (OCS) atau listrik aliran atas untuk kebutuhan aliran listrik KCJB sudah dimulai secara paralel dengan pemasangan rel dan pekerjaan konstruksi lainnya.

7. PLN Power On

Jelang bergulirnya Uji Dinamis KCJB pada November, proyek KCJB telah berhasil melakukan instalasi kelistrikan untuk stasiun dan Depo Tegalluar. Begitu pun dengan instalasi Listrik Aliran Atas (LAA) yang akan digunakan untuk kebutuhan operasional KCJB.

8. Uji Coba Dimulai Bertahap

Proses uji coba rangkaian kereta api cepat Jakarta-Bandung baik EMU ataupun CIT sudah dimulai secara bertahap pada awal November 2022. Pada 16 November 2022, uji coba rangkaian CIT KCJB ini disaksikan langsung melalui konferensi video oleh Presiden RI Joko Widodo dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di gelaran G20 Summit di Bali.