News  

Subsidi Listrik PLN Gratis Dibatasi, Berikut Mekanismenya

Subsidi listrik PLN Dibatasi
Subsidi listrik PLN Dibatasi

HALO BDG – Diberitakan sebelumnya, Pemerintah memperpanjang pemberian bantuan keringanan listrik gratis hingga Maret 2021. Listrik gratis diberikan kepada pelanggan PLN pascabayar dan prabayar kategori rumah tangga daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi, serta kategori bisnis dan industri daya 450 VA.

Terkait hal hal itu, PLN mulai melakukan pembatasan pada mekanismenya. Dalam pemakaian potongan tarif dihitung sesuai maksimum pemakaian.

“Sebenarnya ini hanya meneruskan, tapi ada sedikit perbedaan realisme. Jadi bukan perbedaan pada stimulusnya, tapi pada mekanismenya,” jelas Direktur. Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril seperti dikutip dari PMJ NEWS, Jumat (22/1/2021).

Mekanisme subsidi listrik gratis PLN

Untuk pelanggan pasca bayar 450 VA, tarif listrik gratis hanya diberikan untuk pemakaian listrik maksimal 720 jam nyala, atau setara 324 kWh.

“Ini yang diberikan diskon 100 persen. Di atas itu, maka dikenakan tarif normal subsidi,” kata Bob Saril.

Sementara untuk pelanggan pra bayar 900 VA, diskon listrik 50 persen juga dikenakan batasan pemakaian 720 jam nyala, atau setara 648 kWh.

Lebih dari itu, pemakaiannya dikenakan tarif normal yang sebenarnya sudah disubsidi juga.

“Ini secara mekanisme hanya diberikan yang memenuhi maksimum pakai. Karena kalau lebih daripada itu seharusnya yang memang bukan haknya lagi untuk mendapatkan,” ujar Bob Saril. (PMJ/hn)