News  

Waspada, Varian Covid-19 Delta Ditemukan di Jawa Barat

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Tinjau Kamar Isolasi atau Perawatan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil Tinjau Kamar Isolasi atau Perawatan Pasien Covid-19 di Rumah Sakit

HALOBDG – Seiring tingginya kasus positif Covid-19 di Jawa Barat, kasus varian Covid-19 Delta kini telah masuk dan ditemukan di Karawang dan Kota Depok.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil secara daring, Senin 21 Juni 2021.

Baca juga : Jabar Tambah 2.400 Tempat Tidur Untuk Pasien Covid-19

Emil, sapaan Ridwan Kamil menjelaskan temuan tersebut berdasarkan hasil kajian genome sequencing yang dilakukan Labkesda Jabar dan ITB.

“Berita paling penting hari ini adalah varian delta sudah hadir di Jabar yaitu di Karawang dan Depok,” katanya.

Tentunya ini menjadi kabar kurang mengenakan dan menandakan jika varian ini penularannya begitu cepat dibanding yang sebelumnya.

Diapun meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaannya dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Menurutnya kini Jabar masuk dalam kategori waspada karena secara umum terjadi kenaikan angka penggunaan tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) untuk pasien COVID-19 di wilayah Jabar hingga 84 persen.

Berbagai upaya dilakukan karena dari total 100 persen kapasitas tempat tidur di Rumah Sakit hanya 30 persen yang menjadi jatah untuk pasien Covid-19.

Baca juga : Dibuka Lowongan 400 Relawan Medis Di Jabar

“Sekarang dipersiapkan mengkonversi hotel, apartemen sebagai tempat isolasi dan rumah sakit darurat dalam bentuk tenda militer di lahan TNI Polri yang sudah dikoordinasikan. Minggu ini juga kita dengan anggaran APBD mencari relawan medis sebanyak 400 orang sudah diumumkan,” kata dia.

Selain itu penguatan akan dilakukan hingga level puskesmas sehingga masyarakat yang positif Covid-19 dengan gejala ringan bisa mendapat perawatan langsung.