Link Download Khutbah Idul Fitri 1443 H Terbaru 2022 dan Paling Lengkap

Link Download Khutbah Idul Fitri
Ilustrasi Khutbah Idul Fitri/pexec

HALOBDG.com – Naskah teks khutbah Idul Fitri 1443 H-2022 berikut ini bisa dijadikan inspirasi serta referensi di hari lebaran. Berikut link download khutbah Idul Fitri 1443 H/2022.

Bagi Anda yang akan atau ingin menjadi khotib shalat idul fitri bisa membaca naskah teks khutbah Idul Fitri 1443 H yang tersaji di artikel ini.

Bacaan Lainnya

Hukum khutbah Idul fitri adalah sunnah yang dilaksanakan setelah salat Id. Dengan adanya khutbah Idul fitri menandakan bahwa salat tersebut merupakan momen yang penting dan istimewa.

Ketika mengerjakan khutbah Idul fitri ini maka haruslah memenuhi rukun yang telah ditentukan. Pada dasarnya rukun khutbah Idul fitri sama dengan khutbah jumat.

Namun, Khutbah Idul fitri memiliki ketentuan tersendiri yang harus dipenuhi. Ketentuan ini diambil berdasarkan hadis Rasulullah yang telah ada.

Baca juga: Ini Teks Khutbah Idul Fitri Singkat untuk di Rumah Bersama Keluarga

Aturan Khutbah IdulFitri

1. Khutbah Idulfitri adalah sunnah setelah shalat Id.

2. Khutbah Idulfitri ada dua kali khutbah. Rukun dan sunnahnya sama dengan khutbah Jumat.

3. Disunnahkan khutbah dengan mimbar, boleh juga berkhutbah dengan duduk.

4. Khutbah pertama diawali dengan sembilan kali takbir. Khutbah kedua diawali dengan tujuh kali takbir.

5. Rukun khutbatain (dua khutbah) ada 5, yaitu [1] memuji Allah pada kedua khutbah, [2] bershalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pada dua khutbah, [3] berwasiat takwa pada kedua khutbah, [4] membaca ayat Al-Qur’an di salah satu keduanya, dan [5] mendoakan orang-orang beriman lelaki dan peremuan di khutbah terakhir.

6. Jamaah disunnahkan mendengarkan khutbah. Namun, mendengarkan khutbah Idulfitri bukanlah syarat sahnya shalat Id.

Baca juga: Teks Takbiran Idul Fitri Bacaan Pendek dan Panjang Lengkap dengan Latin, Arab dan Artinya

Keutamaan Khutbah Idul Fitri

Dalil tentang khutbah Idul fitri tertuang pada hadis berikut:

“Pada hari raya Idul Fitri dan Adha, Rasulullah SAW ke luar menuju tempat sholat. Maka, hal yang pertama-tama beliau lakukan ialah sholat, kemudian berlalu. Terus menghadap kepada orang banyak, sedang orang-orang itu duduk bershaf-shaf. Lalu beliau menasihati mereka dan memberi perintah. Jika beliau berkehendak mengirim suatu utusan maka beliau lakukan, atau hendak menyuruh sesuatu maka beliau perintahkan, sesudah itu beliau pun berlalu.”

Idul fitri dan Idul adha merupakan waktu yang istimewa. Karenanya, Rasulullah memerintahkan seluruh umat Islam untuk keluar rumah merayakan hari tersebut. Hal ini tertuang pada hadits Rasulullah yang berbunyi:

“Telah menceritakan kepada kami [Muhammad bin Al Mutsanna] berkata, telah menceritakan kepada kami [Ibnu Abu ‘Adi] dari [Ibnu ‘Aun] dari [Muhammad] berkata, ” [Ummu ‘Athiyyah] berkata, “Kami diperintahkan untuk keluar, maka kami keluarkan pula para wanita yang sedang haid, gadis remaja dan wanita-wanita yang dipingit dalam rumah.” Ibnu Aun menyebutkan, “Atau gadis-gadis remaja yang dipingit. Adapun wanita haid, maka mereka dapat menyaksikan (menghadiri) jama’ah kaum Muslimin dan mendo’akan mereka, dan hendaklah mereka menjauhi tempat shalat mereka (kaum laki-laki).” (HR Bukhari 928)

Pada hadits tersebut dijelaskan bahwa seluruh umat muslim diminta untuk menghadiri perayaan ini. Ini juga termasuk pada perempuan haid meski harus berada pada tempat terpisah dari tempat salat. Mereka berhak mendengarkan khutbah Idul fitri, melantunkan takbir, doa, atau dzikir lainnya.

Ada beberapa tema Khutbah Idul fitri yang tersedia diantaranya tentang Realisasi Syukur Bakda Ramadhan seperti dilansir dari Rumayso.com

Kemudian ada tema khutbah idul fitri dari Buya Yahya

Naskah khutbah Idul Fitri 2022 dapat di download melalui tauatan berikut ini:

1. Download Naskah Khutbah Idul Fitri 1443 Buya Yahya

2. Download Naskah Khutbah Idulfitri 2022 dari Rumayso

3. Download Khutbah Idul Fitri

3. Teks Khutbah IdulFitri 1443 H

4. Teks Khutabh Idul Fitri 2022