News  

Fraksi PDI Perjuangan Buktikan Komitmen dalam Membantu Raykat

Halobdg – Komitmen PDI Perjuangan selalu bersama rakyat dalam suka dan duka dibuktikan dengan pemberian bantuan kepada korban longsor Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Bantuan logistik berupa kebutuhan bayi dan selimut ini merupakan sumbangsih dari anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI.

“Kami mendapatkan amanah dari Ketua Fraksi PDIP Perjuangan DPR RI untuk menyampaikan bantuan kepada korban bencana yang ada di Indonesia termasuk di Jawa Barat,” kata Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat, Ono Surono saat memberikan bantuan secara simbolis di Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Minggu (7/2/2021).

Ono menyebut hari ini pihaknya bergerak di dua lokasi yakni lokasi musibah tanah amblas di Kecamatan Singajaya serta longsor Cimanggung yang menimbulkan korban jiwa hingga 40 orang dan ratusan orang kehilangan tempat tinggal.

“Kami di DPR RI mendorong Pemerintah Pusat agar segera mewujudkan langkah relokasi untuk para korban longsor. Karena saat ini sebagian korban masih menempati rumah susun milik Provinsi Jabar dan sebagian lagi melakukan relokasi mandiri seperti mengontrak rumah atau tinggal dirumah kerabatnya,” beber Ono.

Ono juga mengingatkan agar masyarakat lebih aware dan peduli kelestarian alam.

Karena, kata Ono, berbagai musibah dan bencana yang terjadi di Indonesia akibat dari alih fungsi lahan dan ketidakpedulian terhadap alam.

“Lahan hutan atau misalnya gunung yang awalnya ditumbuhi pohon keras kini ditanami sayur-sayuran. Sehingga saat curah hujan yang sangat tinggi terjadi longsor atau banjir bandang,” tandasnya.

Sementara Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ketut Sustiawan mengungkapkan bahwa rangkaian ulang tahun PDI Perjuangan menitikberatkan pada dua hal, yaitu menggaungkan gerakan cinta bumi dan bakti sosial

“PDI Perjuangan komitmen pada keseimbangan alam dengan gerakan mencintai bumi salah satunya dengan menanam pohon di lahan kritis, serta hadir ditengah-tengah masyarakat yang sedang tertimpa bencana,” tandas Ketut.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jabar, Memo Hermawan, Ketua DPC Kab Sumedang Irwansyah Putra, Baguna Jabar, para kader dan relawan.(rls/*)