News  

Ini Protokol Kesehatan Salat Idul Adha 1441H dan Pemotongan Hewan Kurban

HALObdg.com – Bandung, Menjelang hari Raya Idul Adha 1441 Hijriah, Pemkot Bandung telah mengeluarkan surat edaran tentang penyelenggaraan salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban.

Dalam surat bernomor 451/SE-102.Bag.Kesra tertanggal 15 Juli 2020, diatur bahwa setiap penyelenggaraan salat Iduladha wajib melaksanakan protokol kesehatan.

Di antaranya, jika salat dilaksanakan di masjid, maka hanya diperkenankan diikuti jemaah oleh sekitar 50 persen dari kapasitas masjid. Sedangkan jika dilaksanakan di lapangan, maka jarak antar jemaah harus sekitar 1 meter.

Selain itu, para penyelenggara juga wajib menyediakan fasilitas cuci tangan, sabun, dan hand sanitizer. Juga dilakukan pengecekan suhu tubuh di pintu masuk lokasi salat.

Saat salat dan khotbah Idul Adha, pelaksanaannya diimbau untuk dipersingkat tanpa mengurangi syarat dan rukunnya. Penyelenggara juga dilarang untuk menjalankan kotak sedekah. Pasalnya hal itu rentan terjadinya penularan penyakit.

Baca juga: Khutbah Idul Adha: Kurban dan Solidaritas di Tengah Pandemi Covid-19

Para jemaah wajib membawa alat salat masing-masing dari rumah. Jemaah juga diminta untuk menghindari kontak fisik. Bagi anak-anak dan usia lanjut dianjurkan untuk tidak mengikuti salat Idul Adha berjemaah.

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial meminta umat muslim Kota Bandung tetap menerapkan protokol kesehatan saat melaksanakan salat Idul Adha.

“Silahkan laksanakan salat Id berjemaah, tetapi tetap harus menerapkan protokol kesehatan,” pinta Oded di Balai Kota Bandung, Rabu (29/7 2020).

Hal senada juga dilontarkan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana. Ia meminta umat muslim untuk melaksanakan protokol kesehatan sesuai dengan surat edaran tersebut.

“Kita sudah mengelurkan Surat Edaran. Itu ada dari MUI (Majelis Ulama Indonesia) juga Kemenag (Kementerian Agama), ikuti saja,” kata Yana.

“Asal standar protokol kesehatan yang ketat. Seperti pakai masker dan menjaga jarak,” imbuhnya.

Untuk para mustahik, Yana meminta untuk berdiam di rumah, menunggu kiriman daging kurban diberikan oleh panitia.

“Penyembelihan jangan ada kerumuan. Mustahik juga cukup diam di rumah, nanti diantarkan ke rumah masing-masing,” pintanya. (hns/)

Artikel Terkait:

Tata Cara Khutbah Idul Adha dan Idul Fitri

Khutbah Idul Adha Singkat: Haji dan Kurban Saat Pandemi Covid-19

100 Kata-kata Ucapan Selamat Idul Adha 2020 Terpopuler yang Indah dan Menyentuh

Template dan Cara Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri 2020 di HP Android Paling Mudah

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha Bahasa Sunda Terpopuler

Jelang Idul Adha 2020, Ketahui 3 Larangan di Hari Raya Kurban