News  

Kemenkes Datangkan Alat PCR Baru yang Bisa Deteksi Omicron Covid Lebih Cepat

Mesin Genome Sequencing. (Foto: Pemprov Jateng)

JAKARTA, HALOBDG.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendatangkan alat tes polymerase chain reaction (PCR) baru dan menyebarkannya ke berbagai titik kedatangan internasional.

Alat baru tersebut diklaim mampu mengidentifikasi Covid-19 varian Omicron lebih cepat.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan, upaya pengetesan, pemantauan, dan pencegahan penyebaran Covid-19 terus berjalan.

Menkes menambahkan, sebagai salah satu langkah penguatan surveilans saat varian Omicron menyebar, pemerintah mendatangkan seperangkat alat tes PCR baru.

Menkes pun menilai alat tersebut dapat mendeteksi varian Omicron dengan lebih baik. Sehingga langkah pencegahan dapat berjalan lebih optimal.

“Kami akan menyebarkan teknologi baru untuk tes PCR yang bisa melihat marker-nya Omicron,” terang Menkes Budi dalam siaran persnya, hari ini Senin (27/12/2021).

“Kami sudah sebarkan di seluruh pintu-pintu masuk luar negeri utama,” ujarnya.

Masih dari keterangannya, alat tersebut dapat mengidentifikasi varian Omciron dalam rentang waktu 4—6 jam.

Hal itu berbasis tes PCR. Sementara itu, tes berbasis genome sequiencing membutuhkan waktu 3—5 hari untuk menunjukkan hasilnya.

Meski begitu, lanjut Budi, pemerintah akan tetap menambah mesin genome sequencing agar kecepatan tes di seluruh daerah bisa sama cepat sehingga kualitas penanganan pandemi lebih merata.

Alat tersebut kemudian akan disebarkan ke seluruh pulau besar di Indonesia.

“Kami juga mendatangkan 15 mesin genome sequencing yang baru. Mudah-mudahan di awal tahun depan segera datang, dan akan kami sebarkan ke seluruh pulau Indonesia, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua,” ungkapnya.

“Tujuannya agar tes genome sequencing ini menjadi lebih cepat dan jaringannya menjadi lebih kuat, tidak hanya di Jawa,” pungkasnya.