News  

Polisi Ancam Penimbun Tabung Oksigen

Pemeriksaan Sample Covid-19

HALOBDG – Kelangkaan tabung oksigen terjadi di wilayah Jawa Barat setelah meningkatnya kasus Covid-19 dalam beberapa pekan terakhir.

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengancam akan menindak tegas bagi siapapun yang melakukan penimbunan.

Baca juga : Nomor Telepon Bantuan Covid-19 Kota Bandung, Catat Lengkap Tiap Kecamatan Ada

Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Erdi A Chaniago mengatakan penimbunan tabung oksigen tidak bisa ditolelir karena sangat dibutuhkan oleh pasien Covid-19.

“Kita lihat terlebih dahulu penimbunan dengan alasan apa dan izinnya bagaimana. Tentu itu akan diproses dan kalau terbukti akan ditindak tegas,” katanya.

Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan untuk distributor tabung oksigen di Jawa Barat agar meminimalisir upaya penimbunan.

“Butuh waktu untuk pengadaan oksigen. Kita sudah mendata para distributor untuk melihat apakah ada ketersediaan stok atau tidak,” kata Erdi.

Baca juga : Ini Aplikasi Panduan Isolasi Mandiri Dengan Informasi Terlengkap

Selain itu dia meminta masyarakat agar bisa teliti dan waspada karena tidak menutup kemungkinan ada upaya dari pihak tidak bertanggungjawab dengan mengedarkan oksigen palsu.

“Harus waspada pada situasi begini. Orang hanya berpikir membutuhkan oksigen tanpa melihat bagaimana kemasan dan memperolehnya sehingga diharapkan masyarakat meningkatkan kewaspadaan,” kata Erdi.