News  

PPKM Darurat Resmi Diperpanjang Hingga Akhir Juli 2021

PPKM Jawa-Bali diperpanjang

HALOBDG.com – PPKM Darurat resmi diperpanjang hingga akhir Juli 2021. Keputusan tersebut disampaikan Muhadjir Effendy selaku Menteri Koordinator (menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Muhadjir mengatakan penambahan masa penerapan PPKM Darurat berdasarkan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas yang digelar hari ini, Jumat 16 Juli 2021.

“Tadi rapat kabinet terbatas yang saya ikuti waktu saya di Sukoharjo (Jateng) sudah diputuskan Bapak Presiden (PPKM Darurat) dilanjutkan sampai akhir Juli PPKM ini,” kata Muhadjir saat mengunjungi Hotel University Club UGM Yogyakarta hari ini.

Disebutkan Muhadjir, Presiden Jokowi mengakui dengan adanya PPKM darurat yang diperpanjang memiliki risiko.

Adapun risiko yang dimaksud adalah bagaimana menyeimbangkan antara mendisiplinkan warga terhada protokol kesehatan sesuai aturan PPKM Darurat dan penyaluran Bansos.

Menurutnya, bansos tidak mungkin ditanggung pemerintah sendirian.

Menurutnya, perlu ada gotong rotong bersama masyarakat dan sejumlah instansi lain dalam mengahadapi pandemi ini.

“Bansos ini tidak mungkin ditanggung pemerintah sendiri sehingga gotong royong masyarakat, termasuk civitas academica UGM ini di bawah Pimpinan Pak Rektor membantu mereka-mereka yang kurang beruntung akibat kebijakan PPKM ini,” lanjutnya.

Disebutkan Muhadjir, PPKM Darurat atau PPKM Super Darurat tiak akan berhasil selama masyarakat tak mau disiplin protokol kesehatan.

Oleh karena itu dia kembali mengingatkan masyarakat agar benar-benar mematuhi protokol kesehatan.

“Jika tidak menyadari bahwa Porkes adalah menjadi yang utama, penanganan covid-19 ya tidak berhasil,” sebutnya. (*)