Cara dapat Kuota Gratis dari Kemendikbud bagi Para Pelajar

  • Whatsapp

HALOBDG. com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan kuota internet gratis bagi para pelajar, mahasiswa, guru dan dosen.

Kuota gratia tersebut diberikan sebagai upaya membantu dalam meringankan biaya internet selama proses pembelajaran jarak jauh akibat pandemi covid-19.

Bacaan Lainnya

Adapun besaran kuota internet gratis yang diberikan Kemendikbud bervariasi tergantung pada tingkat pendidikan.

Untuk tingkat paling bawah, siswa PAUD akan mendapatkan kuota 20 GB per bulan beserta rincian kuota pembelajaran 15 GB dan kuota umum 5 GB.

Di tingkat sekolah dasar dan menengah, siswa mendapatkan dukungan kuota 35 GB per bulan dengan rincian kuota pembelajaran 30 GB dan kuota umum 5 GB.

Baca juga:Cara Dapat Kuota Gratis dengan Keluarga lebih dari 1 Siswa

Sementara itu, mahasiswa diberikan kuota sebesar 50 GB dengan rincian kuota pembelajaran 45 GB dan kuota standar 5 GB.
Diketahui saat ini Kemendikbud siap memberikan dukungan kuota internet gratis kepada siswa dan mahasiswa pada tahap pertama.

Beberapa penerima yang menggunakan provider Indosat, Telkomsel, dan Tri akan mendapat dukungan kuota internet gratis dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Berikut cara mendapatkan bantuan kuota internet gratis untuk pelajar dan mahasiswa dari Kemendikbud.

1. Cara mendapatkan kuota gratis untuk Pelajar

Untuk pelajar cukup memberikan nomor ponsel ke sekolah. Kuota pembelajaran jarak jauh akan terisi sehingga nomor ponsel harus aktif. Setelah nomor ponsel terkumpul, sekolah memasukkan data nomor ponsel tersebut ke dalam aplikasi Dapodik.

2. Cara mendapatkan kuota gratis bagi Mahasiswa

Untuk mahasiswa hanya harus memiliki nomor ponsel yang aktif, seperti yang telah dilakukan Kemendikbud sebelumnya sesuai dengan surat edaran untuk memutakhirkan data nomor ponsel mahasiswa.

Universitas akan melanjutkan teknis pengusulan untuk nomor ponsel mahasiswa sesuai dengan arahan Kemendikbud.(hns)

Pos terkait