News  

Cara Dapat Kuota Gratis dengan Keluarga lebih dari 1 Siswa

Kemendikbud akan memberikan kuota internet gratis bagi para siswa, guru, mahasiswa dan dosen selama empat bulan ke depan.

Setiap bulan, siswa akan mendapat bantuan kuota gratis 35GB, guru 45GB danmahasiswa dan dosen sebesar 50GB.

Rencananya, pembagian subsidi kuota gratis akan dilakukan pada awal September 2020.

Direktur Jenderal (Dirjen) PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah (PAUD Dikdasmen) Jumeri pun menjelaskan tata cara mendapatkan bantuan kupta gratis 35GB bagi siswa yaitu sebagai berikut.

Pertama, Sekolah akan bertugas untuk mendaftarkan nomor ponsel peserta didik. Setelah itu, satuan pendidikan dapat memasukkan data tersebut ke dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

“Nomornya dicantumkan seusai NISN siswa nomer hp-nya berapa, itu kepala sekolahnya menandatangani akta pakta integritas bahwa data itu benar adanya dan lalu tandatangan itu di upload ke Dapodik,” ujarnya.

Kemudian, Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kemendikbud akan menyaring nomor-nomor tersebut sesuai dengan provider masing-masing untuk diisi paket kuota data.

Bagi yang baru memiliki nomor ponsel juga tetap dapat di data oleh sekolah.

“Itu kita batasi awal September selesai. Nomer baru juga boleh dimasukkan untuk diberi pulsa kuota. Bagi yang belum tercantum pada tahap pertama ini bisa punya peluang untuk masuk ke tahap berikutnya. Kalau daftar tapi nomornya mati (diblokir) itu boleh diganti nomernya. Tidak usah khawatir, tidak ada yang kita tinggal,” ungkapnya.

Nomor ponsel juga harus dicantumkan sesuai Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) peserta didik. Setelahnya, kepala sekolah pun harus mengisi akta pakta integritas.