Berikut Bacaan Doa Sebelum Tidur dan Amalan Penyempurnanya Yang Wajib Diketahui

Doa Sebelum tidur
Sebelum tidur dianjurkan membaca doa sebagaimana yang diajarkan rasulullah SAW./Foto:pixabay

HALOBDG.com – Sebagai umat islam, anda sangat dianjurkan untuk membaca doa setiap hendak beraktivitas. Doa sebelum tidur juga perlu dilantunkan sebagaimana amalan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah.

Pasalnya, doa yang dibaca menjelang tidur dapat memberikan banyak manfaat. Informasi lengkapnya, simak ulasan berikut.

Bacaan Lainnya

Manfaat Membaca Doa Ketika Menjelang Tidur

Sudah banyak diketahui bahwa tidur adalah istirahat yang dibutuhkan oleh manusia. Pasalnya, tidur yang nyenyak dapat memberikan energi yang fit ketika esok hari.

Maka dari itu, lantunan doa yang dilafalkan menjelang tidur sangat direkomendasikan untuk setiap umat islam.

Hal ini umumnya telah dicontohkan oleh Rasulullah kepada putrinya Fatimah ketika menjelang tidur.

Dalam buku Fatimah dari kumparan.com, terdapat cerita tentang tindakan Rasulullah yang mengetuk pintu kamar Fatimah ketika melihatnya berbaring.

Rasulullah memberi amanat kepada putrinya untuk tidak tidur sebelum mengkhatamkan al qur’an, menjadikan Nabi ridha dan memberi syafaat, memberikan kerelaan serta umrah dan haji.

Pasalnya, makna pesan Rasulullah kepada Fatimah tersebut merujuk pada amanat untuk membaca doa sebelum tidur sekaligus melakukan amalan sunnah penyempurnanya.

Doa dan amalan yang dilantunkan ketika menjelang tidur dapat mendatangkan pertolongan dari Allah agar terhindar dari mimpi buruk dan bangun dalam keadaan sehat pada keesokan harinya.

Doa yang dibaca ketika menjelang tidur dapat menjadi benteng untuk menjauhi perbuatan buruk sebelum tidur.

Hal ini bahkan diterangkan dalam hadist dari Jabir bin Abdullah bahwa saat menjelang tidur malaikat akan berbisik untuk mengakhiri malam dengan kebaikan dan syetan berbisik untuk mengakhiri malam dengan keburukan. Untuk itu, doa dapat menjadi penolong menjelang tidur.

Bacaan Doa Dan Amalan Penyempurnaan Sebelum Tidur

Berdasarkan pesan atau amanat yang dicontohkan oleh Rasulullah kepada putrinya, alangkah baiknya jika anda melakukan ibadah sunnah yang diiringi doa sebelum tidur.

Penyederhanaan bacaan doa dan amalan penyempurna ini dapat diawali dengan membaca Q.S al-Ikhlas sebanyak 3 kali karena memiliki pahala seperti mengkhatamkan al quran.

Selanjutnya, keridhaan dan syafaat dari nabi bisa anda dapatkan dengan melantunkan bacaan shalawat kepada beliau.

Kerelaraan kepada seluruh umat muslim juga perlu anda lakukan dengan membaca doa “astaghfirullah liiwalil mu’aminiina wal mu’minaat”. Anda bisa membacakan doa tersebut 1 kali hingga 3 kali.

Terkait amanat Rasulullah dalam menyelesaikan ibadah umrah dan haji, anda bisa membaca kalimat mulia.

Beberapa kalimat tersebut terdiri dari bacaan “subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illa Allah, Allahu Akbar”.

Untuk mendapatkan keberkahan dan ketenangan hati, bacaan ini bisa anda lantunkan dengan hati ikhlas dan sungguh-sungguh.

Setelah itu, anda bisa melanjutkan membaca doa sebelum tidur yang berbunyi “Bismikallahumma ahya wa bismika amuut”.

Bacaan ini memiliki arti “Dengan menyebut nama Allah aku hidup dan dengan menyebut nama Allah aku mati”.

Dengan demikian, waktu anda bisa memasrahkan waktu istirahat dengan dengan dan memasrahkan diri kepada Allah.

Selain itu, anda juga bisa mengikuti contoh teladan yang dilakukan oleh Rasulullah dengan tidak melupakan shalat witir sebelum tidur.

Shalat yang disempurnakan dengan membaca amalan Q.S Al Mulk setelahnya menjadi amalan sunnah yang bisa menghadirkan cahaya terang ketika di alam kubur.

Sudah selayaknya umat islam selalu memasrahkan diri kepada Allah dalam berbagai urusan.

Selain membaca doa sebelum beraktivitas, anda juga sangat disarankan untuk menutup waktu istirahat atau tidur dengan bacaan doa.

Amalan ini bahkan akan lebih sempurna jika dilakukan dengan melantunkan dzikir dan shalat sebagaimana ajaran Rasulullah.

Pos terkait