Jadwal Ganjil Genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek Jelang Mudik Lebaran 2022

Pelaksanaan pengaturan ganjil genap di sejumlah ruas jalan di Jakarta. (Foto: PMJ News/TMC Polda Metro)

HALOBDG.com – Jelang puncak arus mudik lebaran Polda Metro Jaya melakukan uji coba penerapan sistem ganjil genap dibeberapa jalan tol.

Uji coba sitem ganjil genap di jalan tol tersebut dilaksnakan selama tiga haru dengan jadwal sebagai berikut.

Bacaan Lainnya

“Pukul 11.00-13.00 WIB akan ada uji coba ganjil genap di tol Jakarta-Cikampek. Kendaraan dengan nomer genap tidak boleh masuk ke jalan layang tol MBZ dan akan dikeluarkan di GT Cikarang Barat,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, Senin (24/4/2022).

Jadwal uji coba Ganjil genap di jalan tol:

1. Senin (25/4) pukul 11.00-13.00 WIB dari GT Cikampek KM47 sampai GT Cikampek Utama KM70.

2. Selasa (26/4) pukul 11.00-13.00 WIB dari GT Cikampek KM47 sampai GT Palimanan KM188.

3. Rabu (27/4) pukul 10.00-17.00 WIB dari GT Cikampek KM47 sampai GT Kalikangkung KM414.

Sambodo mengatakan, apabila dalam uji coba terjadi kepadatan arus lalu lintas maka, petugas di lapangan mempunyai diskresi untuk memberlakukan “contra flow” di rute tersebut.

“Selanjutnya jika masih terjadi kepadatan yang melampaui batas maksimal, maka petugas akan memberlakukan sistem satu arah (one way),” katanya.

Ia menyebut, Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub, BPTJ Kementerian PUPR dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) uji coba ganjil genap tersebut adalah untuk mengantisipasi peningkatan arus mudik yang akan berdampak pada perlambatan hingga kemacetan yang cukup panjang dan berdampak luas.

“Rekayasa lalu lintas di ruas jalan tol tersebut diharapkan bisa memberikan keamanan, keselamatan, kelancaran, kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik,” tegas Sambodo.

“Masyarakat yang akan mudik diharap mengetahui informasi serta mengikuti jadwal pelaksanaannya, serta mematuhi peraturan dan perintah petugas di lapangan serta menyesuaikan jadwal perjalanan dengan uji coba rekayasa lalu lintas ganjil-genap tersebut,” pungkas Sambodo. (*)