News  

Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Sudah 100 Persen

Pemda Prov Jabar Keluarkan Kebijakan Honorarium bagi Non-ASN

HALOBDG – Pemprov Jabar memastikan telah menuntaskan pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan kini pihaknya hanya perlu membebaskan lahan sebagai akses tol menuju bandara Internasional Jawa Barat di Kertajati.

Emil, sapaan Ridwan kamil mengatakan dalam pengerjaan Tol Cisumdawu sepanjang 60 kilometer, pemerintah daerah bertugas mengurusi pembebasan lahan.

Baca juga : Semua Tempat Wisata di Bandung Raya Ditutup

Sementara Kementerian PUPR mengerjakan konstruksinya yang dilakukan usai pembebasan lahan.

Saat ini isu yang menjadi hambatan dalam pengerjaan Tol Cisumdawu yaitu pembebasan tanah kas desa.

Pihaknya pun intens berkoordinasi dengan Pemkab Sumedang untuk menyelesaikan persoalan lokal tersebut.

“Saya terus berkoordinasi dengan Pak Bupati (Sumedang) untuk menyelesaikan masalah lokal, itu tanggung jawab kami,” katanya.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan persoalan tanah kas desa yang menghambat pembangunan Cisumdawu kini sudah tuntas.

Baca juga : Bandung Raya Siaga Satu Covid-19, Ridwan Kamil Instruksikan WFH

“Minggu kemarin sudah mengundang seluruh Camat yang berkaitan dengan lahan, semua sudah clear. Besok kita rapat forkopimda untuk mengakselerasi,” ujar Dony.

Tol Cisumdawu ditargetkan rampung akhir 2021 atau awal 2022. Cisumdawu akan memangkas waktu perjalanan Bandung – BIJB dari tiga jam menjadi satu jam. Sehingga bandara kebanggan Jabar akan lebih optimal.