Tips  

Inilah 10 Bagian Tubuh Paling Banyak Disukai Bakteri

Bagian tubuh yang sering terlewat saat mandi
ilustrasi. foto:pixabay

Halobdg.com РMenjaga kebersihan tubuh penting dilakukan agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Apalagi untuk mereka yang sering beraktivitas di tempat terbuka dengan cuaca yang panas kerap membuat  tubuh sering berkeringat.

Keringat ditambah kuman atau bakteri yang menempel di bagian tubuh inilah yang bisa menimbulkan berbagai macam masalah penyakit.

keringat ditambah bakteri atau kuman yang menempel di bagian tubuh kita dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Untuk mengantisipasinya kamu harus sering membersihkan area yang menjadi sarang kuman.

Namun, pada bagain tubuh mana saja yang paling banyak mengandung kuman? Berikut bagian tubuh yang paling banyak mengandung kuman dan sering diabaikan saat mandi.

1. Kaki

Bagian tubuh ini adalah tempat yang sangat disukai bakteri karena memiliki lipatan. Bahkan sela-sela jari kaki adalah bagian paling berpotensi menjadi sarang bakteri.

Disaat mandi sering terlewat meski pun sering disiram dan dibersihkan Namun membersihkannya sekedarnya saja. sebaiknya bagian tubuh ini dibersihkan secara maksimal karena jadi sarang bakteri.

2. Lipatan Tangan

Bagian lipatan tangan ini kadang sering dilupakan saat dibersihkan karena terfokus pada bagian wajah dan rambut.

Padahal bagian lengan ini menjadi tempatnya bakteri karena posisinya yang sering terlewat dan lembab. Sebaiknya bagian ini dibersihkan saat mandi secara maksimal.

3. Selangkangan

Bukan rahasia lagi kalau selangkangan ini memang tempatnya bakteri. Untuk menguranginya dengan membersihkannya secara teratur saat mandi. lama kelamaan bakteri dan jamur akan sedikit terhambat pertumbuhannya.

4. Ketiak

Bagian ini memang memilii bakteri alami, jika dibiarkan berkembang berlebihan akan mengakibatkan masalah bau badan.

Untuk mengatasinya mungkin bisa pakai deodoran untuk membantu menutupi bau yang dihasilkan, namun kuncinya adalah membersihkan ketiak dengan benar saat mandi.

5. Punggung

Punggung adalah bagian yang kurang diperhatikan dan sering dilewatkan saat mandi. Meski tersiram air belum tentu puggung menjadi bersih. Karena posisinya yang sulit dibersihkan.

6. Belakang Telinga

Bagian telinga ini memiliki lipatan yang bersipat lembab. Nah bagian belakang telinga sering juga dilewati oleh keringat. Untuk itu jika dibersihkannya asal-asalan bisa terkena infeksi bakteri.

7. Leher

Yang terakhir leher, karena leher punya lipatan-lipatan kecil, leher sering dijadikan sarang oleh bakteri dikarenakan salah satu tempat yang paling sering dilewati keringat dan membuatnya jadi tempat yang lembab.

Untuk mengurangi kelembaban dianjurkan untuk menggunakan bedak bayi.

8. Mulut

Menurut ahli dari Harvard School of Dental Medicine, terdapat lebih dari 615 jenis bakteri yang berbeda di dalam mulut seseorang. Nah, untuk mengurangi bakteri berbahaya di dalam mulut, sikatlah gigi dua kali sehari agar kebersihannya tetap terjaga.

9. Hidung

Hidung merupakan anggota tubuh yang disukai bakteri dan kuman untuk bersarang. Saking banyaknya kotoran yang masuk ke dalamnya, terkadang akan membuat hidung terasa amat gatal. Dalam kasus seperti ini, cobalah untuk tidak menggaruk bagian dalamnya. Ketika kamu menggaruknya dengan cukup kuat, hal itu bisa menimbulkan luka robekan yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan infeksi.

10. Mata

Mata juga merupakan bagian tubuh yang penuh bakteri. Bulu mata termasuk bagian tubuh yang paling kotor karena fungsinya mengumpulkan kotoran dan membantu melindungi mata dari infeksi. Ketika mengalami infeksi mata, sebaiknya jangan pernah menyentuhnya dengan tangan.