12 Manfaat Buah Manggis, Salah Satunya Mencegah Anti Kanker

  • Whatsapp
Khasiat Buah Manggis
sumber foto: pixabay.com

Halobdg.com – Buah Manggis disebut-sebut sebagai ‘Ratu buah tropis’. Buah eksotis warna ungu tua ini tumbuh di hutan hujan tropis Indonesia, Thailand, Malaysia, Filipina, dan beberapa bagian di India dan Srilanka.

Selain rasanya manis dan lezat, buah Manggis banyak manfaatnya untuk kesehatan. Seperti memiliki sifat anti-kanker, anti-peradangan, antioksidan, dan antibakteri juga sarat dengan banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bacaan Lainnya

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan:

1. Meminimalkan stres oksidatif
Manggis adalah pembangkit tenaga antioksidan karena mengandung nutrisi antioksidan penting seperti folat dan vitamin C. Buah ini juga mengandung xanthones, senyawa unik dengan sifat antioksidan kuat yang membantu meminimalkan stres oksidatif dalam tubuh.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Xanthones antioksidan dan vitamin C yang ditemukan dalam manggis membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Xanthones melawan radikal bebas, sementara vitamin C meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan jantung
Manggis kaya akan mineral seperti tembaga, magnesium, kalium, dan mangan yang membantu mengatur tekanan darah untuk meningkatkan kesehatan jantung. Ini juga membantu mencegah timbulnya masalah kardiovaskular lainnya seperti serangan jantung.

4. Mencegah risiko penyakit radang:
Xanthone dan kandungan serat yang tinggi pada manggis mencegah risiko beberapa gangguan yang disebabkan oleh peradangan seperti asma, hepatitis, alergi, cedera, pilek, dan lainnya.

5. Menjaga kulit lebih sehat
Sifat antioksidan dari buah manggis mencegah kulit dari kerusakan radiasi ultraviolet. Juga, vitamin C dan anti-mikroba dari manggis membantu mengobati jerawat, memberikan kilau alami pada kulit. Sehingga kulit lebih sehat.

6. Berfungsi mengobati masalah pencernaan
Kandungan serat yang tinggi dalam buah Manggis membantu meringankan sembelit. Selain itu, kulit buahnya efektif dalam mengobati diare dan masalah disentri dengan meningkatkan asupan prebiotik.

7. Membantu dalam penurunan berat badan
Manggis ini kaya akan serat tinggi, rendah kalori, nol lemak jenuh, dan nol kolesterol. Semua sifat ini menjadikan manggis sebagai makanan kaya serat dan sehat yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

8.  Mengontrol diabetes
Memakan manggis mampu mengurangi resistensi insulin dalam tubuh karena kehadiran xanthones dalam buah. Juga, kandungan seratnya membantu dalam menstabilkan gula darah dan mengelola diabetes.

9. Dapat mencegah Antikanker
Ditegaskan bahwa, antioksidan kuat dan sifat anti-inflamasi manggis membantu melawan sel kanker dan menghambat pertumbuhannya terutama di jaringan perut, payudara dan paru-paru.

10. Mempercepat penyembuhan luka
Tingginya jumlah vitamin dan mineral dalam buah manggis akan membantu mempercepat penyembuhan luka. Kulit dan daun pohonnya dapat digunakan untuk obat luka sehingga pemulihannya lebih cepat.

11. Meringankan masalah menstruasi
Nutrisi dalam buah manggis membantu membuat menstruasi teratur pada wanita dan memudahkan gejala yang berkaitan dengan pra-menstruasi. Buah ini sering untuk mengobati masalah terkait menstruasi.

12. Memiliki sifat astringen
Astringen dari manggis memberi kita banyak manfaat kesehatan. Ini membantu dalam menyembuhkan masalah mulut dan lidah seperti sariawan dan maag. Bisa juga menyembuhkan luka di daerah gusi.

Baca Juga: 10 Manfaat Bersepeda, Salah Satunya Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Efek Samping Buah Manggis

Efek samping yang disebabkan oleh buah ini sangat minim karena sebagian besar terbukti aman. Namun, ada beberapa efek samping dari manggis yaitu Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, dapat memperlambat proses pembekuan darah.

Selain itu dapat menyebabkan efek samping tertentu pada wanita hamil dan menyusui dan jika dikonsumsi dengan obat pengencer darah, manggis dapat menyebabkan perdarahan berlebih.

Beberapa tindakan pencegahan yang harus Anda ingat saat mengonsumsi manggis adalah sebagai berikut:

  • Hindari makan buah jika Anda memiliki sindrom iritasi usus besar.
  • Hindari buah jika Anda hipersensitif dan mengalami jenis alergi tertentu setelah memakannya.
  • Hindari memberikan jus manggis kepada bayi. Hindari buah jika Anda sedang hamil.

Itulah Manfaat memakan buah manggis untuk kesehatan. Semoga bermanfaat, silahkan share ke teman, sahabat, keluarga tersayang anda.

 

 

Pos terkait