News  

Ferdian Paleka Dibully, Komnas HAM Kecam: Merendahkan Martabat Manusia

HALObdg – Tindakan perundungan yang dilakukan oleh tahanan kepada Youtuber Ferdian Paleka Cs mendapat kecaman dari Komnas HAM.

Komnas HAM menilai tindakan bully tersebut sudah merendahkan martabat manusia. Seharusnya polisi melindungi hak-hak Ferdian di dalam tahanan.

“Saya mengecam perundungan terhadap Ferdian. Aksi tersebut menjurus pada tindakan yang merendahkan harkat dan martabat manusia,” kata Komisioner Komnas HAM, Beka Ulung Hapsara dilansir detikcom, Sabtu (9/5/2020).

Menurut Beka sepatutnya aparat tak membiarkan perundungan terhadap Ferdian atau siapapun terjadi.

“Seharusnya polisi melindungi hak-hak yang melekat pada Ferdian atau siapapun yang ada dalam tahanan kepolisian dan bukan membiarkan peristiwa tersebut terjadi,” ucap Beka.

Sebelumnya, beredar video yang memperlihatkan YouTuber Ferdian Paleka kena ‘bully’ atau perundungan oleh tahanan lainnya pada Sabtu (9/3/2020).

Baca juga: Youtuber Ferdian Paleka cs di Bully di Tahanan, Begini Respon Keluarga

Dalam potongan berdurasi 49 detik terlihat Ferdian dan salah seorang rekannya tengah melakukan push-up hingga masuk ke dalam tong sampah. Terlihat wajah konten kreator berusia 21 tahun itu memelas dan matanya berkaca-kaca.

Sesekali ia meringis, tak sedikit pula tahanan yang mengamati. Sementara yang lain meneriaki Ferdian cs dengan nada sindirin terkait konten yang dibuatnya.

Baca juga: Soal Ferdian Paleka, Sujiwo Tejo: Bukan Youtuber Prank, tapi Masyarakat yang Harus Dipolisikan

Dalam video, tampak Ferdian Paleka melakukan push up dengan salah satu rekannya. Matanya berkaca-kaca dan wajahnya memelas dikelilingi tahanan lain yang mengamati dan sesekali melakukan kontak fisik. (hnd)