News  

Tes Di Lokasi Penyekatan Larangan Mudik, 72 Orang Positif Covid-19

PSSB, Mudik, Penyekatan Kota Bandung (Humas Pemkot)
PSSB, Mudik, Penyekatan Kota Bandung (Humas Pemkot)

HALOBDG – Sebanyak 72 orang dinyatakan positif Covid-19 setelah dilakukan tes swab antigen kepada 13.675 pengendara yang akan masuk Jabodetabek di pos penyekatan KM 34 tol Cikampek, Minggu 16 Mei 2021.

“Random test yang dilaksanakan seluruh Indonesia sebanyak 13.675 hari ini, yang reaktif 72 orang,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono.

Selain itu pihaknya juga melakukan tes kepada 1.847 orang yang menggunakan roda empat atau roda dua di jalur arteri dan hasilnya 4 orang dinyatakan reaktif.

Istiono menjelaskan sekitar 21 ribu kendaraan masuk ke wilayah Jabodetabek pada Minggu 16 Mei 2021 dan mengalami penurunan dibandingkan beberapa hari yang lalu.

Baca juga : Gelar Rapid Test Antigen di Kebun Binatang Bandung Dua Orang Positif Covid-19

Menurut Istiono, kondisi volume kendaraan ini masih di bawah normal. Oleh karena itu, ia memperkirakan puncak arus balik lebaran 2021 akan terjadi lagi pada akhir pekan depan.

“Kalau lihat dari jalur Jawa timur, Jawa tengah, Jawa barat ini arus masih dibawah normal. Kita antisipasi minggu depan akan terjadi puncak arus balik lagi,” katanya.

Sebelumnya, Korlantas Polri melakukan pengetatan pengecekan setiap kendaraan yang memasuki wilayah Jabodetabek pada arus balik lebaran 2021 dengan mendirikan 109 titik cek point untuk menggelar random cek antigen. Tujuannya guna memastikan seluruh masyarakat yang balik ke Jakarta bebas dari COVID-19.