News  

Vaksin Covid-19 Mengandung Magnet? Ini Penjelasan Pemerintah

Vaksin Covid-19 (Humas Pemkot Bandung)
Vaksin Covid-19 (Humas Pemkot Bandung)

HALOBDG – Akhir-akhir ini masyarakat dihebohkan dengan banyaknya video yang menunjukan lengan seseorang yang mengandung magnet usai mendapat vaksin Covid-19.

Caranya, mereka menempelkan uang koin di lokasi vaksin dan tidak terjatuh. Tentunya banyak komentar heboh atas banyaknya video yang beredar.

Lalu apakah betul vaksin yang disuntikan ke masyarakat mengandung magnet?

Baca juga : Susahnya Dapat Tahu dan Tempe di Pasaran Hari Ini

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito angkat bicara atas kasus ini dan menghimbau masyarakat tidak tersesat dalam menerima informasi.

Dia meminta agar masyarakat lebih bijak dalam memilah informasi yang diterima apalagi di jagat maya yang belum diketahui kebenarannya.

“Perlu diketahui bahwa vaksin tidak mengandung magnet. Koin bisa saja menempel di kulit karena adanya keringat yang diproduksi secara alami oleh kulit manusia dan gaya gesek lainnya. Sehingga menimbulkan gaya magnet,” katanya.

Baca juga : Dua Personil Boy Band Korea Kenakan Batik, Ridwan Kamil Dorong Batik Indonesia Mendunia

Selain itu masyarakat juga diminta harus selalu mencari fakta atas informasi dengan berlandaskan pada bukti-bukti ilmiah dan jauhi berita atau informasi yang sumbernya tidak kredibel.

Masyarakat sebaiknya menjauhi sumber yang tidak jelas asal-usulnya dan melakukan verifikasi melalui kanal resmi penanganan COVID-19 atau melalui berita di media massa.

“Karena jika masyarakat menyebarkan informasi yang belum terverifikasi, sama saja dengan menyebar berita bohong. Dan tentunya menghambat upaya pemerintah dalam menangani pandemi di Indonesia,” pesan Wiku.